Menkes Lantik Dirjen Kesehatan Masyarakat, Sekretaris Badan PPSDMK, Dirut RSCM, dan Dirut RSAB Harap


Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, melantik dr. Kirana Pritasari, MQIH, sebagai Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (23/5). Sebelumnya, dr. Kirana menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kemenkes RI.

Menurut Menkes, Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan kesehatan. Menkes menerangkan bahwa kesehatan masyarakat tidak hanya memperhatikan kesehatan individu, melainkan lebih fokus pada kondisi (status kesehatan) populasi.

“Kesmas (baca: kesehatan masyarakat) ini penting sekali. Pertama, gizi dalam hal ini, yang akan berdampak pada kesehatan ibu dan anak, tapi basic-nya selalu gizi kan. Selanjutnya di dalamnya juga ada kesehatan lingkungan. Setelah gizi, kemudian lingkungan. Satu lagi, saya juga mendorong kesehatan kerja dan olah raga”, ujar Menkes usai acara pelantikan.

Selain itu, Menkes juga menekankan bahwa upaya promosi kesehatan juga perlu diperkuat mengingat perilaku kesehatan dan lingkungan adalah determinan kesehatan yang paling utama.

“Kita mau hidup sehat, kita harus perhatikan bahwa ujungnya adalah bagaimana kita juga masyarakat mau berperilaku hidup bersih dan sehat”, tandas Menkes.

Pada kesempatan yang sama, Menkes juga melantik tiga pejabat tinggi pratama di lingkungan Ditjen Pelayanan Kesehatan dan Badan PPSDM Kesehatan.

Di lingkungan Ditjen Pelayanan Kesehatan, Menkes melantik dr. Lies Dina Liastuti, Sp.JP MARS, sebagai Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, dan Dr. dr. Didi Danukusumo, SpOG(K) sebagai Direktur Utama RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta.

Sementara itu, di lingkungan Badan PPSDM Kesehatan, Menkes melantik dr. Trisa Wahjuni Putri M.Kes sebagai Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan.


KEMENKES QUOTES

Latest Videos

Latest News

Program

Photo Flickr