Kemenkes Lakukan Evaluasi Kinerja Melalui Rakerkesnas 2019


Tangerang, 11 Februari 2019

Kementerian Kesehatan adakan evaluasi kinerja pembangunan kesehatan selama satu tahun melalui Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2019 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang. Kegiatan yang berlangsung sejak Senin (11/2) hingga Rabu (14/2) ini merupakan agenda tahunan Kemenkes yang dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan di sektor kesehatan di Indonesia, baik pusat maupun daerah.

Mengangkat tema Kolaborasi Pusat dan Daerah dalam Penguatan Pelayanan Kesehatan menuju Cakupan  Kesehatan Semesta, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan bersinergi dalam memberikan pelayanan kesehatan secara keseluruhan kepada masyarakat Indonesia.

Mewakili Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas), Kirana Pritasari hadir membuka Pra-Rakerkesnas yang dilaksanakan pada hari pertama untuk mengerucutkan tema yang akan dibahas selama Rakerkesnas berlangsung.

“Pra-Rakerkesnas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi capaian kinerja pembangunan kesehatan dan untuk mengkristalisasikan isu-isu yang akan dibahas pada forum Rakerkesnas,” jelas Kirana.

Para peserta berkesempatan melakukan dialog untuk berbagi pengalaman keberhasilan dan inovasi, serta terobosan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan.

Kirana menyampaikan bahwa isu-isu yang dibahas pada Rakerkesnas tahun ini adalah kebijakan dan strategi pembangunan kesehatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019, strategi pembangunan kesehatan selama 5 tahun ke depan, akselerasi penurunan prevalensi penyakit tidak menular, dan penurunan angka kematian ibu dan anak.

Sementara evaluasi yang dilakukan saat Pra-Rakernas yaitu terkait Program Indonesia Sehat – Pendekatan Keluarga (PIS-PK), kinerja pembangunan kesehatan dan laporan perkembangan hasil Rakerkesnas 2018, serta evaluasi pelaksanaan program dekonsentrasi dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam anggaran kesehatan.

Kirana berharap, diskusi dapat dilaksanakan sesuai dengan topik dengan memberikan masukan dan usulan terhadap solusi pembangunan kesehatan melalui kebijakan, regulasi maupun operasional. (NM)

KEMENKES QUOTES

Latest Videos

Latest News

Program

Photo Flickr