Menkes Lakukan Tinjauan Kesehatan Asian Para Games di Jakarta


Sudah menjadi sebuah kewajiban sebagai tuan rumah gelaran pesta olahraga disabiltas terbesar di Asia untuk memberikan berbagai pelayanan terbaik, termasuk pelayanan kesehatan. Oleh karena itu Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek, melakukan tinjauan pelayanan kesehatan Asian Para Games 2018 di kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Selasa (9/10). Dalam kunjungannya Menkes Nila F. Moeloek didampingi oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Dr. Bambang Wibowo, SpOG (K), MARS dan Sekjen INAPGOC, Bayu Rahadian.

Setibanya di Stadion GBK Jakarta, Menkes meninjau langsung pelayanan kesehatan di pos kesehatan (medical station) di venue pertandingan Para Swimming di Stadion Akuatik dan Para Atletik di Stadion Utama GBK yang sedang berlangsung saat itu.

“Saya ingin memastikan bahwa pelayanan kesehatan selama Asian Para Games Tahun 2018 berjalan dengan optimal untuk melayani para atlet, official, volunteer serta penonton,” tutur Nila Moeloek

Terdapat 25 medical station yang tersebar di titik-titik venue pertandingan Asian Para Games 2018. Medical station tersebut menghadirkan berbagai pelayanan seperti fisioterapi, pertolongan kegawat daruratan dan pelayanan kesehatan yang lain. Alat-alat kesehatan pun juga tersedia lengkap mulai dari oksigen, alat pacu jantung hingga ventilator serta obat-obatan yang lengkap. Dilengkapi pula dengan bed serta pendingin ruangan untuk kenyamanan para atlet ketika ditangani langsung oleh dokter.

Kesiapsiagaan tenaga kesehatan Indonesia yang bertugas dalam Asian Para Games Tahun 2018 patut diacungi jempol. Hingga saat ini para pasien yang mengalami cedera atau fraktur sudah ditangani dengan baik dan beberapa sudah di rujuk ke Rumah Sakit rujukan.

“Untuk atlet-atlet yang mengalami cedera sudah ditangani dengan baik dan ada beberapa yang sudah dirujuk ke Rumah Sakit rujukan,” ungkap dr. Bara Purnama Putra selaku PIC Medis venue pertandingan Para Atletik.

Bara mengatakan bahwa medical station ini beroperasi sejak pertandingan dimulai hingga selesai. “Setiap medical station akan berbeda jam operasinya karena berdasarkan waktu pertandingan masing-masing cabang olahraga,” tutur Bara

Ada 968 orang tenaga kesehatan, yang terdiri dari 300 dokter dan 668 perawat yang disiagakan Kementerian Kesehatan untuk menyukseskan gelaran Asian Para Games Tahun 2018. Selain itu ada 18 rumah sakit rujukan (RS Vertikal Kemenkes dan RSUD yang telah terakreditasi) di wilayah Jakarta dan Jawa Barat, 25 medical station, 1 medical center di Wisma Atlet dan 93 ambulans yang siap melayani.

Turut didukung pula oleh 469 tim surveilans Kementerian Kesehatan RI dan Dinkes Provinsi DKI Jakarta, 115 orang tim keamanan pangan, dan petugas di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

 

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Kementerian Kesehatan RI

KEMENKES QUOTES

Latest Videos

Latest News

Program

Photo Flickr